Katanya, jangan pernah bertemu pahlawan Anda, apalagi saat membahas mobil tua. M1 tidak sempurna, terutama dibandingkan dengan BMW modern yang memiliki performa lebih baik. Terlepas dari kekurangannya, ia akan selamanya memiliki tempat khusus di hati para penggemarnya. Ulasan video baru dari Throttle Mobil menunjukkan E26 yang legendaris layak untuk dihebohkan, meski kabinnya terasa sempit.

Penempatan pedal kurang ideal, bahkan setir pun diimbangi dengan bagian tengah jok. Hal ini memang wajar mengingat ergonomi pada akhir tahun 1970an tidak seperti sekarang. M1 adalah supercar murni, artinya pemiliknya harus terbiasa dengan kelemahannya. Semua masalah ini langsung terlupakan begitu mesin M88 menjulurkan kakinya di jalan terbuka.

Gambar oleh BMW AS

Dipasok oleh BMW UK, 1-dari-460 M1 ini tampak seperti kapsul waktu seperti yang cenderung terjadi pada mobil-mobil bersejarah milik pembuat mobil. Kita diingatkan bahwa mobil M asli memiliki transmisi dogleg yang mirip dengan mobil balap. Perpindahan ke gigi satu dengan menarik tuas ke bawah membutuhkan waktu agar terbiasa. M1 ini hanya mampu menempuh jarak sekitar 26.000 kilometer, yang berarti kurang lebih 16.000 mil.

Dengan visibilitas luar yang buruk dan tidak adanya power steering, bermanuver dengan mobil BMW M perdana di tempat parkir yang sempit bukanlah untuk mereka yang penakut. Hal ini terutama berlaku mengingat betapa berharganya M1 dalam beberapa tahun terakhir. Sejujurnya kami akan tergerak untuk mengendarai mobil M paling istimewa yang pernah dibuat.

Sayangnya, belum ada penerus langsung sejak E26 dihentikan produksinya pada tahun 1981. Tentu saja, ada M1 Hommage pada tahun 2008 tetapi tetap hanya satu kali saja. Produsen mobil Jerman itu hampir saja membuat mobil M pesanan khusus lainnya pada tahun 2019. M Vision Next seharusnya menjadi mobil sport bermesin menengah tetapi proyek tersebut dibatalkan setahun setelah konsep tersebut. I16 2020 berikutnya ditemukan awal tahun ini sebagai supercar yang belum pernah ada sebelumnya.

Sumber: Throttle Mobil / YouTube