Jozef Kabaň memiliki karir yang menarik. Dia menulis Bugatti Veyron yang perkasa saat masih berusia 20-an. Perancang mobil asal Slovakia ini memulai karirnya di Grup Volkswagen di mana ia terlibat dalam berbagai proyek. Tidak semuanya secanggih hypercar W16 karena ia juga merancang mobil seperti VW Lupo, Skoda Octavia, dan model mainstream lainnya.

Dia berganti pekerjaan pada tahun 2019, memutuskan untuk meninggalkan merek Ceko Skoda ke BMW menyusul kepergian tak terduga dari Karim Habib, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desain di Kia. Sebelum kepergiannya, Kabaň sempat berganti pekerjaan mendesain mobil untuk anak perusahaan BMW Group Rolls-Royce dengan menggantikan Giles Taylor. Yang terakhir ini sekarang menjabat sebagai wakil presiden desain dan kepala kreatif untuk Hongqi, bagian dari FAW Group milik negara Tiongkok.

Jozef Kabaň kembali ke perusahaan pertamanya pada awal tahun 2020 ketika Volkswagen mempekerjakannya lagi. Awal tahun ini, jabatan kepala desain perusahaan digantikan oleh desainer Bentley Andreas Mindt. Hal ini membawa kita pada peran barunya sebagai penanggung jawab desain MG. Secara teknis merupakan merek Inggris pada intinya, dimiliki oleh SAIC Tiongkok. Pria berbakat berusia 51 tahun ini ditugaskan untuk menciptakan bahasa desain baru untuk merek tersebut.

SAIC mengeluarkan pernyataan minggu ini yang mengumumkan perubahan pada desain MG. “Jozef Kabaň akan secara signifikan meningkatkan keahlian desain kami dan tingkat internasionalisasi untuk mempercepat masuknya pasar global SAIC Motors.”

Perlu dicatat bahwa MG adalah merek Tiongkok paling populer yang aktif di Eropa. Itu menjual lebih dari 230.000 mobil tahun lalu di Benua Lama. Pada tahun 2024, mereka ingin meningkatkan pengiriman menjadi lebih dari 300.000 unit.

Bukan hal yang aneh jika seorang desainer mobil papan atas sering berpindah pekerjaan. Setelah memegang berbagai peran di Grup Volkswagen dan Grup BMW, Jozef Kabaň memulai pekerjaan baru di merek yang kurang terkenal yang ingin diubah oleh perusahaan induk SAIC menjadi pemain global.

Sumber: Berita Otomotif Eropa