BMW X5 Facelift 2025 baru saja menerima pujian keselamatan tertinggi dari Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya. Menurut laporan yang dirilis kemarin, SUV mewah tersebut tampil sesuai antisipasi dalam uji tabrak, termasuk uji tabrakan kecil dan sedang di bagian depan, serta uji benturan samping. Sistem pencegahan tabrakan depan standarnya mendapat peringkat “baik” tertinggi, begitu pula kegunaan sistem LATCH untuk kursi anak.

Namun, lampu depan hanya mencapai peringkat “dapat diterima” karena silau yang dihasilkan oleh sinar rendah dari lampu depan jenis proyektor LED, meskipun memiliki bantuan sinar tinggi. Lampu jauh juga hanya memberikan visibilitas yang baik saat berkendara lurus dan di tikungan kiri tajam. Laporan tersebut mengatakan sebagai berikut:

Balok rendah – Pada jalur lurus, jarak pandang bagus di kedua sisi jalan. Di tikungan, visibilitasnya bagus di keempat pengujian. Sinar rendah menimbulkan silau.

Balok tinggi – Pada jalur lurus, jarak pandang bagus di sisi kanan jalan dan cukup baik di sisi kiri. Di tikungan, jarak pandang bagus di tikungan kiri dan kanan yang bertahap, serta cukup baik di tikungan kiri yang tajam. Bantuan sinar tinggi mengkompensasi beberapa keterbatasan sinar rendah kendaraan ini pada tikungan kiri bertahap dan pada tikungan kanan bertahap.

BMW memiliki model lain yang menerima Top Safety Pick+ pada tahun 2024, yaitu BMW X3 G01. IIHS mengatakan bahwa “untuk mendapatkan PILIHAN KESELAMATAN TERBAIK+ penghargaan tahun ini, diperlukan peringkat yang dapat diterima atau baik dalam uji depan tumpang tindih moderat yang diperbarui, sedangkan peringkat yang baik dalam uji depan tumpang tindih moderat awal tetap cukup untuk tingkat yang lebih rendah PILIHAN KESELAMATAN TERBAIK.” Pada bulan Februari, IIHS juga mengumumkan bahwa mereka menantang produsen untuk menawarkan perlindungan yang lebih baik bagi penumpang kursi belakang dan meningkatkan sistem penghindaran kecelakaan pejalan kaki. Perubahan terbesar tahun lalu adalah penggantian uji tabrak samping asli dengan versi terbaru yang menggunakan penghalang lebih berat yang melaju dengan kecepatan lebih tinggi.

[Source: IIHS]