BMW X3 generasi keempat dijadwalkan akan diluncurkan akhir tahun ini. Ketika itu terjadi, crossover mewah ini akan memiliki varian hybrid plug-in yang tersedia saat peluncuran di Eropa. Namun, turunan listrik tersebut tidak akan hadir di Amerika Serikat, setidaknya pada awalnya. Namun, ketersediaan X3 PHEV di AS dapat berubah di kemudian hari, tergantung permintaan.

Kami berbicara dengan Dr. Nicolai Martin, Senior Vice President Driving Experience BMW Group, tentang mengapa keputusan awal ini diambil. Meskipun penjualan PHEV meningkat di Amerika Utara, perusahaan memerlukan waktu untuk menganalisis apakah permintaan akan cukup kuat untuk menjamin upaya tersebut. Dia melanjutkan dengan mengatakan tidak ada batasan teknis karena X3 PHEV baru memenuhi semua persyaratan.

Dari pertemuan baru-baru ini dengan dealer, BMW mengetahui bahwa semakin banyak pelanggan AS yang tertarik pada mobil hybrid plug-in. Nicolai Martin menyebutkan “penyelidikan resmi” yang sedang berlangsung akan menentukan apakah X3 PHEV harus mendapatkan visa AS di tahun-tahun mendatang. “G45” X3 dalam bentuk hybrid plug-in kemungkinan akan meneruskan xDrive30e yang digunakan saat ini.

Prototipe yang kami kendarai tampaknya memiliki mesin “B48”, tetapi BMW tidak menjelaskan detail powertrain secara spesifik. Namun, kita tahu bahwa mobil tersebut memiliki motor listrik yang dipasang di belakang dan baterai yang ditingkatkan dipasang di lantai. Model keluar memiliki kandungan energi yang dapat digunakan sebesar 10,8 kWh. Teknologi ini memungkinkan jangkauan listrik WLTP hingga 50 kilometer (31 mil). Terlepas dari manfaatnya, prototipe BMW X3 PHEV 2025 yang kami kendarai mampu menempuh jarak 80 km (50 mil).

Orang Eropa dimanjakan dengan banyak pilihan dalam hal BMW hybrid plug-in. Orang Amerika terbatas pada 330e/330e xDrive, 550e xDrive, X5 xDrive50e, dan 750e. Jangan sampai kita melupakan XM tetapi yang satu ini lebih mengutamakan kinerja daripada efisiensi. Di pasar lain, Active Tourer Seri X1 dan 2 juga ditawarkan dengan mesin pembakaran dan port pengisian daya. Gerobak Seri 3 dan Seri 5 juga dijual sebagai PHEV.