Anda mungkin pernah melihat uji akselerasi yang dilakukan pada mobil yang memiliki mesin pembakaran dan/atau baterai besar. Nah, kecepatan 0 hingga 124 mph (200 km/jam) ini berbeda karena BMW iX5 tidak memiliki mesin bensin/diesel maupun baterai yang besar dan berat. SUV hidrogen memang hadir dengan baterai kecil 2 kWh tetapi hanya untuk memanfaatkan sistem pengereman regeneratif. Baterai lithium-ion kecil 400 volt ini juga berfungsi sebagai penyangga daya dan membantu saat akselerasi.

Rekan-rekan Jerman kami di Bimmer Hari Ini berkesempatan melihat seberapa besar performa yang Anda peroleh dari SUV hidrogen. BMW iX5 jelas tidak lambat untuk kendaraan sebesar dan berat. Ia mencapai kecepatan 62 mph (100 km/jam) dalam waktu kurang dari enam detik dan tidak mengalami masalah saat melaju di atas 124 mph (200 km/jam). Tentu, ini bukan X5 M60, apalagi X5 M, tapi mungkin bisa mengimbangi plug-in hybrid X5 xDrive50e dan mesin enam silindernya.

Berdasarkan X5 pra-LCI, sel bahan bakar iX5 memiliki sekitar 401 tenaga kuda (295 kilowatt) dan bahkan mode Sport khusus. Ini membuka kekuatan penuh dan memperkeras suspensi untuk memungkinkan berkendara lebih menarik. Berbicara tentang kesenangan, SUV ini memiliki tata letak penggerak roda belakang, yang hanya ditawarkan oleh X5 sDrive40 entry-level di Amerika Serikat.

Seperti semua BMW hidrogen sebelumnya, Anda tidak bisa membeli iX5. SUV sel bahan bakar ini merupakan bagian dari armada uji coba yang berjumlah kurang dari 100 unit yang menjalani pengujian di seluruh dunia. Namun, mungkin ada saatnya orang bisa membeli BMW hidrogen. Kami mendengar X5 generasi berikutnya (“G65”) akan mendapatkan turunan sel bahan bakar pada platform CLAR yang sama. Itu bisa terjadi pada awal tahun 2027.

Sedikit informasi lain yang diketahui tentang X5 baru, namun kabarnya ia akan mendapatkan lampu depan berbentuk X dan turunan listrik bertenaga baterai. Yang terakhir ini juga akan didukung oleh arsitektur CLAR daripada mendapatkan perangkat keras Neue Klasse dari iX3 yang lebih kecil yang akan dirilis pada tahun 2025.

Sumber: Bimmer Hari Ini / YouTube